Kamis, 29 Desember 2011

BAHAN AJAR II

SURAH AL-INSYIRAH
Surah Al Insyirah surah ke 94  yang terdiri dari 8 ayat  dan diturunkan di Mekkah. Kata Al Insyirah berarti melapangkan.
Surah ini menjelaskan tentang nikmat nikmat Allah swt. Menurut Imam Jalaludin As Suyuthi surah ini diturunkan di latar belakangi oleh adanya hinaan kepada pengikut Nabi Muhammad saw yang miskin, oleh karena itu surah ini bermaksud menghibur Rasulullah saw dan kaum muslimin.
Isi Kandungan Surah ini :
  1. Surah ini diturunkan sebagai tasliyah (penghibur hati) bagi Rasulullah saw
  2. Dalam surah ini Rasululah saw diberikan anugerah kebersihan jiwa sehingga jauh dari rasa cemasdan gelisah sehingga terhindar dari perasaan bingung dalam menjalankan misi dakwah
  3. Bahwa Allah swt akan meringankan beban yang dipikul Rasulullah dalam menyiarkan dakwahnya, dan kalaupun ada kesusahan dalam berdakwah pasti ada jalan keluarnya selama ada kemauan untuk berusaha dan bersabar.
  4. menjelaskan tentang nikmat nikmat Allah swt
  5. Tidak mudah putus asa dalam menghadapi kesulitan.
HADITS TENTANG KEBERSIHAN
Kebersihan ajaran islam yang harus diperhatikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari. Sabda Rasulullah saw "kebersihan sebagian dari iman".
Seseorang yang menjaga kebersihan menunjukkan bahwa dirinya memiliki kualitas iman yang baik.
Hadits I :
"Agama islam itu adalah (agama) yang bersih/suci, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan. Sesungguhnya tidak akan masuk syurga, kecuali orang orang yang suci" (HR Baihaqi)
Hadits ini menjelaskan bahwa orang yang selalu bersih pertanda bahwa ia melaksanakan sebagian dari perintah agama dan perwujudan iman.

Hadits II :
"Sesungguhnya Allah itu suci dan menyukai hal hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat tempatmu" ( HR. Tirmizi)
Kebersihan, kesehatan akan terpelihara dan kita dapat melakukan ibadah dan aktivitas lainnya dengan khusuk dan nyaman.

Haditst III :
"Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda : Ketika seorang laki laki sedang berjalan, ia menemukan dahan berduri, maka ia mengambilnya (karena mengganggu). Lalu allah berterima kasih kepadanya dan mengampuni dosanya" (HR Bukhari)
 Kebersihan meliputi kebersihan jasmani dan rohani. Kebersihan jasmani seperti kebersihan pakaian, badan, lingkungan sekolah, tempat ibadah dan lingkungan lainnya. Kebersihan Rohani seperti menjaga diri dari perbuatan dosa diantaranya sombong, berbuat maksiat. Kebersihan rohani wajib dijaga dengan berusaha meningkatkan perbuatan terpuji seperti sabar, tawakal, ikhlas dan dermawan. Menjaga kebersihan rohani akan berpengaruh pada tingkat keimanan kita.
IMAN KEPADA HARI AKHIR
A. Pengertian

Iman adalah keyakinan atau kepercayaan akan qada dan qadar Allah swt.
Menurut istilah a)qada adalah keputusan atau ketetapan Allah swt terhadap semua makhluknya atas segala sesuatu yang akan terjadi baik di dunia maupun di akhirat nanti. b) qadar adalah ketentuan Allah swt yang terjadi pada setiap makhluk sesuai dengan batas yang telah ditentukan sejak zaman azali.

Takdir terbagi dua macam, yaitu : a) Takdir mubram, yaitu ketentuan Allah swt. yang sudah berlaku atas manusia tanpa dapat dielakkan lagi meskipun dengan ikhtiar (usaha), seperti usia, kelahiran dan kematian. b)Takdir Mualak yaitu ketentuan allah swt yang mungkin dapat diubah oleh manusia melalui ikhtiarnya bila Allah mengizinkan.

B. Ciri ciri Beriman Kepada Qada dan Qadar
  1. menganggap bahwa apapun yang terjadi pada dirinya adalah sudah menjadi ketentuan Allah swt sehingga tidak bersikap takabur.
  2. sabar dalam menghadapi cobaan.
  3. optimis dan tetap berusaha meskipun belum berhasil
  4. tawakal dan berdoa atas usaha yang dilakukan
  5. tidak meminta pertolongan kepada selain Allah swt.
C. Sumber Dari Al Qur'an Tentang Qada dan Qadar
1.Surah An Nisa ayat 78
"Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh "
2. Surah Al Hijr ayat 5
"Tidak ada ssuatu umat pun yang dapat mendahului ajalnya dan tidak (pula) dapat meminta penundaan(nya)"
3. Surah Al Ankabut ayat 63
"Allah melapangkan rezeki bagi orang yang dikehendaki diantara hamba hambaNya dan Dia pula yang membatasi baginya"

D. Fungsi Iman kepada Hari Akhir
1. manusia senantiasa berusaha / berikhtiar
2. giat beribadah dan berdoa
3. membuat orang tidak takabur
4. sabar menghadapi cobaan
5. menumbuhkan sifat optimis

 PERILAKU TERCELA
Takabur

1. Pengertian Takabur
takabur berasal dari bahasa arab "takabbara - yatakabbaru" artinya sombong atau membanggakan diri. menurut istilah takabur adalah sikap berbangga diri dengan beranggapan bahwa hanya dirinyalah yang paling hebat dan benar dibandingkan orang lain.
2. Macam macam takabur
a. takabur kepada Allah swt
b. takabur kepada Rasulullah saw
c. takabur kepada sesama manusia